Rumus IF atau Fungsi IF adalah salah satu fungsi dari microsoft excel yang dikategorikan kelompok logika sehingga dari rumus ini kita bisa menentukan hasil dari kondisi yang ada.
Fungsi IF sendiri akan menghasilkan 2 kemungkinan hasil yaitu TRUE atau FALSE. Dari hasil ini bisa diartikan bahwa jika kondisi sesuai atau terpenuhi maka akan menghasilkan hasil TRUE dan apabila sebuah kondisi tidak terpenuhi maka akan menghasilkan hasil FALSE.
TRUE = Benar atau sesuai dengan kondisi
FALSE = Salah atau kondisi tidak terpenuhi
Baca Juga: Cara Membuat Ranking Secara Otomatis (Fungsi RANK) Pada Microsoft Excel
Untuk mempermudah memahami penggunaan rumus IF pada excel perhatikan analogi berikut:
Jika kita menentukan sebuah aturan bahwa untuk lulus pada satu mata pelajaran maka nilai minimal adalah 75, sehingga nilai siswa atau peserta yang mendapatkan nilai 75 keatas maka dinyatakan lulus sedangkan peserta dengan nilai kurang dari 75 di nyatakan tidak lulus. Maka dari kasus diatas bisa dibuatkan rumus sederhana dengan memanfaatkan fungsi IF pada microsoft excel.
Baca Juga: Fungsi COUNT Pada Aplikasi Microsoft Excel
Langkah-langkah menggunakan Rumus IF pada microsoft excel
1. Langkah yang pertama kita siapkan saja data uji coba nilai masing masing siswa. Dari masing masing siswa akan memperoleh nilai hasil ulang harian yang berbeda-beda. Pada kolom buatlah menu Nama siswa, Nilai dan keterangan. Untuk lebih jelas ikuti contoh seperti berikut
2. Langkah kedua kita klik cell pada baris keterangan, dimana pada baris ini akan ada keterangan di mana siswa dinyatakan lulus atau tidak lulus. Masukan rumus berikut =IF(C2>=75,"LULUS","TIDAK LULUS").
3. C2 adalah letak dari cell nilai yang akan di tentukan hasilnya sehingga jika di situ tertulis C2>=75 maka jika pada cell C2 nilai 75 atau lebih dari 75 maka kondisi tersebut dianggap benar maka akan menghasilkan LULUS, jika kurang dari 75 berarti TIDAK LULUS
4. setelah koma maka akan ada hasil, jika TRUE maka LULUS dan jika FALSE maka TIDAK LULUS. jangan lupa memberi tanda titik 2
5. Selanjutnya tekan ENTER maka akan muncul hasil dari kondisi tersebut
6. Selanjutnya seret kebawah untuk rumus pada baris selanjutnya.
7. Atau jika kesulitan anda bisa mengkopi paste rumus dari cell diatasnya, dan pastikan rumus sudah benar
Pada cell C2 rumusnya =IF(C2>=75,"LULUS","TIDAK LULUS")
Pada cell C3 rumusnya =IF(C3>=75,"LULUS","TIDAK LULUS")
Pada cell C4 rumusnya =IF(C4>=75,"LULUS","TIDAK LULUS")
Pada cell C5 rumusnya =IF(C5>=75,"LULUS","TIDAK LULUS")
Pada cell C6 rumusnya =IF(C6>=75,"LULUS","TIDAK LULUS")
Pada cell C7 rumusnya =IF(C7>=75,"LULUS","TIDAK LULUS")
Pada cell C8 rumusnya =IF(C8>=75,"LULUS","TIDAK LULUS")
Pada cell C9 rumusnya =IF(C9>=75,"LULUS","TIDAK LULUS")
Pada cell C10 rumusnya =IF(C10>=75,"LULUS","TIDAK LULUS")
Pada cell C11 rumusnya =IF(C11>=75,"LULUS","TIDAK LULUS")
Selasa, 04 Desember 2018
Cara Menggunakan Rumus IF Excel (Fungsi IF)
Desember 04, 2018
No comments
Related Posts:
Cara Menghitung Nilai Tertinggi (Fungsi MAX) Secara Otomatis Pada Microsoft ExcelMAX adalah fungsi pada microsoft office excel yang berfungsi untuk mencari nilai maksimal dari seluruh data. Kita tinggal menyeret mouse ke seluruh data maka akan tampil nilai tertinggi dari data tersebut. Fungsi ini sangat m… Read More
Cara Membuat Nilai Terendah (Fungsi MIN) Pada Microsoft ExcelMIN adalah fungsi yang ada pada microsoft office excel yang berfungsi untuk menghitung nilai terendah pada sebuah data. Dengan fungsi ini kita tidak perlu lagi melihat data dan mebandingkan nilai mana yang paling rendah karen… Read More
Cara Membuat Nilai Rata-rata(Fungsi Average) di Microsoft ExcelRata-rata adalah haris dari jumlah nilai dari semua nilai dibagi banyaknya kategori nilai. Nilai rata-rata biasanya di ambil untuk mengetahui nilai dari rata-rata nilai kelas, rata-rata nilai penjualan bulanan ataupun rata-ra… Read More
Fungsi COUNT Pada Aplikasi Microsoft ExcelFungsi COUNT pada aplikasi microsof excel adalah untuk jumlah cell yang berisikan angka atau untuk menghitung banyaknya cell yang berisi angka pada sebuah data. Untuk menggunakan fungsi ini kita harus melakukan sorting atau r… Read More
Cara Menjumlahkan Angka Secara Otomatis (Fungsi SUM) Pada Microsoft Office ExcelAplikasi Microsoft Office Excel adalah aplikasi pengolah angka yang sangat membantu user dalam melakukan pengerjaan penghitungan matematika secara cepat. Aplikasi ini lebih sering digunakan untuk membuat laporan keuangan. Men… Read More
0 komentar:
Posting Komentar